Aplikasi berbasis data melibatkan kecerdasan buatan membantu industri penyedia teknologi pulp dan kertas melihat secara keseluruhan rantai produksi dengan menggunakan data dari beberapa sumber. Perusahaan yang sukses di masa depan menggunakan dasar pengambilan keputusan dari aplikasi prediktif dengan kecerdasan buatan, demikian yang dikatakan seorang petinggi di perusahaan penyedia teknologi pup dan kertas.

Analisa yang sedemikian maju mampu mengenal pola berulang atau rantai peristiwa dalam data yang sedemikian besar yang membawa pada insiden tertentu di masa depan. Konsekuensinya adalah di masa depan kecerdasan buatan seringkali diprediksi akan menggantikan manusia sebagai operator di industri, manusia digantikan dengan kekuatan otomatisasi.

Saat ini, para operator menjalankan mesin berdasarkan data historis, data parameter dan data pengaturan terbaik. Data saat mesin berjalan diperoleh dari sistem otomatisasi tetapi penggunaannya terbatas untuk mengontrol proses. Banyak orang mengatakan kecerdasan buatan akan memainkan peran penting masa depan pabrik/ perusahaan, tetapi akan memakan waktu sebelum benar-benar menggantikan para ahli.

Disusun oleh: Dian Novianto dari berbagai sumber