Pada hari kamis yang lalu, tepatnya tanggal 8 Agustus 2019 Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) di bawah naungan Kementerian Perindustrian menyelenggarakan sebuah acara yang diberi nama BANDREX (Bandung Riset Expo) 2019 di Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kota Bandung. Pameran ini diikuti oleh lima balai besar yang berada di bawah naungan BPPI, yaitu Balai Besar Bahan Baku dan Teknik (B4T), Balai Besar Tekstil (BBT), Balai Besar Keramik (BBK), Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK), serta Balai Besar Logam dan Metal (BBLM).

“Pameran ini sebagai ajang publikasi tentang keterbaruan dan bursa teknologi dan inovasi hasil penelitian balai besar. Kegiatan bertema Inovasi Litbangyasa Balai Besar dalam Mendukung Making Indonesia 4.0 ini sebagai dukungan kita dalam program prioritas nasional pemerintah,” demikian kata Kepala BPPI Ngakan Timur Antara di Bandung, Kamis (8/8/2019).

BBPK ikut serta dalam pergelaran acara tersebut dan turut menyumbang hasil penelitian yang menjadi salah satu ide-ide dan inovasi konstruktif yang diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam meningkatkan daya saing industri nasional. Inovasi-inovasi yang telah dihasilkan BBPK antara lain serat produk kertas karton dari tandang kosong sawit, kertas kemas baja, daur ulang kemasan aseptik, dan produk serat bambu.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 150 tamu undangan yang berasal dari lingkungan pemprov jabar, para asosiasi industri, pelaku industiri, lembaga litbang swasta dan pemerintah, dan juga akademisi.. Di dalam pergelaran ini juga dilakukan MoU antara Balai Besar Pulp dan Kertas dengan perusahaan industri Suzuki Indomobil Motor Suplier Club dan PT Trigunapratama Abadi. “Saya ingin apa yang dikerjakan oleh Balai Besar BPPI diketahui oleh ­stakeholder-stakeholder yang ada,“ ujar Ngakan Timur Antara yang pernah memimpin BBPK selama beberapa tahun