Pada tahun 1998 didirikan sebuah pabrik kertas di Spanyol tepatnya di kota Madrid. Pada tahun 2010 pabrik ini mempunyai kapasitas produksi kertas sebanyak 470.000 ton/tahun setelah ditambahkan sebuah mesin kertas baru. Pabrik ini hanya menyediakan produknya untuk konsumen di semenanjung Iberia.

Pabrik ini sukses mengurangi penggunaan air, dibandingkan dengan pabrik kertas yang sejenis lainnya di Eropa penggunaan airnya relatif kecil. Berawal dari kekurangan air bersih untuk menjalankan produksinya, pihak pabrik mulai melakukan percobaan untuk membersihkan air buangan kota.

Kemudian pencarian teknologi mulai dilakukan untuk memperoleh air layak pakai dari air buangan itu. Pilihan pun jatuh pada teknologi ultrafiltrasi dengan teknologi ini air buangan dicuci menggunakan membran. Kemudian dilakukan perubahan di pabrik untuk menyesuaikan proses pembuatan kertas dengan teknologi baru ini.

Tidak hanya itu ternyata bahan baku produksi kertas yang digunakan adalah kertas buangan. Dan pabrik ini juga menjadi yang pertama di Eropa memproduksi kertas dari 100 % kertas buangan dan 100 % air buangan. Tidak heran jika banyak penghargaan yang diterima karena proses produksi di pabrik itu.

Publikasi luar negeri