Pemerintah telah membuat agenda nasional Making Indonesia 4.0 agar Indonesia bersiap di revolusi industri keempat dimana manusia, mesin dan data terkoneksi. Making Indonesia 4.0 ini diharapkan menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk dapat bersaing dengan memanfaatkan teknologi yang berbasis internet.

Perjalanan revolusi industri generasi keempat ini sama dengan revolusi industri sebelumnya, yaitu mengubah cara pandang dalam berkegiatan atau proses produksi melalui memanfaatkan teknologi digital, antara lain internet of things, robotic, 3D printer, big data analysis, cloud computing, artificial intelligence, machine learning, wearable augmented, virtual reality dan automation.

Teknologi otomatisasi telah mengambil langkah yang signifikan dan digambarkan sebagai generasi keempat atau otomatisasi digital. Virtualisasi secara berarti mengurangi jumlah jaringan yang dibutuhkan dapat Anda lihat sejumlah komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan dapat digantikan dengan sebuah perangkat.

Semakin sedikit peralatan yang dibutuhkan sebagai server semakin kecil risikonya jika sesuatu putus/ rusak. Inovasi teknologi sistem yang telah membuat desain solusi otomatisasi dengan cara memungkinkan pengembangan perangkat lunak dan mengurangi ketergantungan pada pembatasan yang dibuat oleh perangkat. Desain otomatisasi pun telah bergerak ke lingkungan 'cloud', mendesain itu memungkinkan bilamana dipunyai kompetensi yang diharapkan.

Dikatakan pula evolusi solusi otomatisasi bergerak dalam empat generasi. Sistem tersentralisasi dan sistem tertutup pada tahun 1980-an membawa kita ke dunia UNIX yang memperkenalkan ke 'hard drives', 'graphic user interface' dan sistem pengumpulan data pertama. Pada tahun 1995 penyedia pengumpulan data untuk sebuah 'line' mesin kertas seharga petak-petak rumah dengan tiga ruangan. Generasi ketiga otomatisasi digital adalah zamannya Windows, ruangan pengendali dan pangkalan desain menjadi berbasis Windows. Generasi keempat saat ini adalah menyelesaikan batasan-batasan yang ada pada pendahulu-pendahulunya: UNIX dan Windows ?!

Dari berbagai sumber