Pada tanggal 24 Juli 2019 Balai Besar Pulp dan Kertas menyelenggarakan Seminar Teknologi Pulp dan Kertas dengan tema: “Inovasi Litbang Pulp dan Kertas Menuju Industri 4.0” bertempat di Hotel Grand Aquila Bandung. Acara ini dimaksudkan sebagai diseminasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Balai kepada masyarakat luas pada umumnya.


Acara ini dihadiri oleh para peneliti, akademisi, pelaku industri, pemerintah dan masyarakat baik di tingkat daerah dan nasional yang berkecimpung atau tertarik dalam industri pulp dan kertas. Acara terbagi menjadi beberapa sesi, yaitu pembukaan, presentasi makalah ilmiah, tanya jawab dan sesi poster.


Balai Besar Pulp dan Kertas secara rutin menyelenggarakan seminar ini setiap tahun sebagai upaya untuk lebih memasyarakatkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai dan mengapresiasi penelitian secara umum serta menerima aspirasi masyarakat terhadap penelitian terbaru yang sedang 'trend' saat ini.


Selain Seminar Teknologi Pulp dan Kertas Balai Besar Pulp dan Kertas juga secara rutin menyelenggarakan Reptech, simposium dengan skala internasional yang dihadiri oleh para peneliti maupun akademisi dari dalam dan luar negeri. Dengan demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai dapat tersebar lebih luas.