Sebagai salah satu negara besar di Eropa, industri pulp dan kertas di Turki masih harus berjuang dan berkompetisi dengan negara-negara Uni Eropa lainnya. Saat ini industri pulp dan kertas di Turki telah mengalami peningkatan dengan modernisasi dan kompetisi dengan privatisasi. Berdasarkan penelitian terakhir Turki memainkan peran penting dalam memulai seni pembuatan kertas di Eropa.

Setelah penaklukan Anatolia banyak tempat pembuatan kertas didirikan oleh orang-orang turki (1071). Selama krusader kedua (1147-1149) Edessa, sebuah kota di tenggara Anatolia ditaklukan oleh Turki dari krusader. Dalam pada itu beberapa anggota keluarga Montgolfier tertangkap dan dipekerjakan di tempat pembuatan kertas Turki. Mereka mempelajari seni pembuatan kertas dan setelah kembali ke Eropa mereka mendirikan tempat pembuatan kertas di Ambert dan Vidalon dengan nama 'Canson and Montgolfier'.

Selama periode Ottoman Empire banyak tempat pembuatan kertas didirikan di Bursa dan Istambul. Pabrik kertas historis 'Kagithane' didirikan pada tahun 1453 di desa Kagithane yang berlokasi di Istambul beroperasi sampai masa Sultan Selim (1789-1808). Pabrik kertas lainnya didirikan di Bursa selama masa Sultan Beyazit beroperasi dari 1486 sampai 1520.

Pekerjaan struktur untuk pabrik kertas dan karton pertama (Sumerbank Paper and Paper Board Mill) dimulai pada tahun 1934 di Izmir. Beberapa tahun kemudian beberapa unit tambahan ditempatkan dan dioperasikan di pabrik tersebut. Pada tahun 1955 pabrik tersebut berubah nama menjadi Turkish Pulp and Paper Mills General Management (SEKA). Pabrik pulp dan kertas terbesar di Turki adalah Modern Karton dengan kapasitas lebih dari 340.000 t/a. Pabrik kertas dengan kapasitas terbesar kedua dan ketiga adalah Kartonsan dan SEKA Adeniz dengan kapasitas lebih dari 155.000 dan 150.000 t/a.

Sumber: Publikasi luar negeri