Pabrik Rottneros mengumumkan akan menginvestasikan 15 juta SEK ke pembakar gas metana untuk menggolkan tujuan proses produksi bebas fosil. Artinya gas metana yang dihasilkan sebagai produk samping dalam unit penanganan limbah biologi dapat digunakan di proses pengeringan pabrik tersebut. Pembakar (burner) tersebut akan dioperasikan selama semester pertama tahun 2020 dan selain itu berkurangnya konsumsi bahan bakar fosil berarti menurunkan biaya (variable cost).

“Investasi ini berarti kita pada dasarnya sedang mencapai gol proses manufaktur bebas fosil di Pabrik Rottneros. Dengan mendayagunakan gas metana produksi proses pengolahan limbah cair biologi pada saat mengeringkan pulp, kami akan menggantikan setara dengan 1000 meter kubik bahan bakar fosil dalam wujud minyak.

“Secara keseluruhan, investasi ini kami tanamkan ke pabrik ini sejak beberapa tahun yang lalu telah mengurangi konsumsi minyak sebesar 7000 meter kubik basis tahun, sementara volume produksi tumbuh secara signifikan”, demikian Nils Hauri, Kepala Bagian Inovasi menyampaikan.