Sebagaimana dilaporkan oleh National Renewable Energy Laboratory (NREL), sebuah kolaborasi antara NREL dan tiga laboratorium nasional lainnya telah menghasilkan sudut pandang baru mengenai kemampuan bakteri untuk menguraikan bagian tanaman yang dikenal dengan nama lignin. Pemahanan baru mengenai proses tersebut bisa membuka jalur menuju aplikasi di bidang industri.

Tumbuh-tumbuhan dilindungi oleh dinding sel yang terdiri dari polimer selulosa, hemiselulosa dan lignin. Dua komponen pertama bisa diuraikan menjuadi gula dengan berbagai metode, dan dibuat menjadi biofuel dan produk bio lainnya. Tetapi lignin terbukti sulit dikendalikan dan penggunaannya sangat terbatas.

Selama lebih dari satu abad, para peneliti telah mencoba untuk menggambarkan apa yang bisa dilakukan dengan lignin," kata Gregg Beckham, seorang peneliti pada NREL dan penulis sebuah makalah baru di dalam prosiding National Academy of Sciences of the United States of America. Ada sebuah ungkapan mengenai polimer ini: "Anda bisa membuat apa saja dari lignin kecuali uang."

Mengetahui dengan tepat bagaimana bakteri mampu mencerna dan menggunakan lignin adalah sebuah langkah untuk memproduksi sesuatu yang bernilai. Publikasi penelitian terbaru yang dibuat atas observasi sebelumnya di NREL melaporkan (pada tahun 2015) kemampuan 14 strain bakteri untuk menguraikan oligomer lignin dan berusaha mendapatkan manfaat dari komponen-komponen tersebut.

Sumber: TAPPI