Pada hari ini Balai Besar Pulp dan Kertas menyelenggarakan seminar yang diselenggarakan secara daring. Acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan mengetengahkan tema yang bervariasi. Pada tahun ini tema yang ditampilkan adalah “Inovasi Litbang untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Pulp dan Kertas”. Acara ini diselenggarakan melalui media zoom dan youtube dengan tautan sebagai berikut: https://www.youtube.com/channel/UCdlgL8hchel9k6rBXYdqy_g.

Acara dimulai dari jam delapan pagi sampai jam empat sore dengan ishoma jam dua belas sampai jam satu lewat tiga puluh menit. Sesi sebelum ishoma diisi oleh narasumber dari industri. Sedangkan sesi setelah ishoma diisi oleh narasumber dari BBPK.

Materi yang disajikan pada acara ini adalah: Link and match sekolah dengan industri pulp dan kertas, optimalisasi dan peluang innovase energi terbarukan di industri pulp dan kertas, hydroseal for energy for water saving, setting up rice straw pulp mill dan teknologi proses di industri kelapa sawit.

Adapun pada sesi setelah ishoma akan disajikan materi dengan judul: pembuatan kertas kemas aktif dari tandan kosong sawit, verifikasi teknologi pemanfaatan tkks dalam produksi kertas industri, potensi tanaman non-kayu sebagai bahan baku pulp, potensi dissolving pulp untuk nanoselulosa, produksi dan karakterisasi selulosa nanokristalin (CNC) dari pulp bambu dengan proses Ball Millhidrolisis asam maleat, deinking menggunakan kolom flotasi, efisiensi energi di industri kertas, aplikasi komposit serat polyfoilsebagai luggage cover kendaraan roda empat.