Selulosa sebagai bahan alam yang berlimpah menarik banyak orang untuk meneliti, terutama karena dua hal, pertama selulosa merupakan sumber alam yang bila dikelola dengan baik, dapat diperoleh terus-menerus. Kedua, selulosa dapat dipakai pada berbagai bidang. Disamping banyak digunakan di bidang kertas, modifikasi secara kimia hingga menjadi derivat selulosa dapat menghasilkan produk dengan sifat-sifat yang berbeda sehingga penggunaannya terdapat mulai dari produk pembersih dan penyerap alat-alat rumah tangga sampai bidang kesehatan.

Bahan dasar berupa selulosa merupakan polimer alam yang mudah diperbaharui dan mudah didegradasi oleh mikroorganisme. Sponge sintetik yang terbuat dari bahan polivinil dan poliuretan tidak mudah didegradasi oleh mikroorganisme. Sponge selulosa yang mempunyai kemampuan daya serap tinggi, merupakan salah satu sponge alternatif yang ramah lingkungan, karena mempunyai kemampuan untuk diuraikan secara biologis yang sangat baik sehingga relatif aman jika sponge selulosa bekas pakai dibuang ke lingkungan.

Percobaan pendahuluan telah dilakukan oleh seorang praktisi industri memperoleh hasil sponge selulosa dengan kemampuan penyerapan air sebesar 25-28 kali beratnya dalam keadaan kering dan kerapatan sponge 74,6 kg/m3. Ketahanan tarik dan ketahanan sobek dalam keadaan kering dan basah masing-masing 2,58; 2,37 kg/cm2 dan 2,67; 2,60 kg/cm. Sponge selulosa mempunyai kelemahan jika dibandingkan dengan sponge sintetik lainnya terutama pada sifat mekanik dan elastisitasnya.

Sumber: Berita Selulosa