Lignin adalah salah satu bagian dalam kayu yang tidak digunakan dalam proses di industri kertas. Lignin berfungsi sebagai perekat alami yang dapat menyatukan selulosa dan hemiselulosa bersama-sama. Lignin memberikan warna kecoklatan pada kertas dengan kandungan lignin.

Sebuah perusahaan di Finlandia berinvestasi untuk memproses lignin menjadi bahan berbasis karbon sebagai material elektrode. Lignin akan diproses menjadi material karbon anoda untuk batere lithium-ion dengan sifat-sifat seperti grafit. Baterai semacam itu digunakan sehari-hari oleh mobile-phone dan peralatan lain yang sejenis.

Investasi ini adalah langkah maju untuk eksplorasi jalan baru untuk menggantikan material berbasis fosil berbiaya tinggi dengan bahan baku terbarukan sebagai alternatif. Menggunakan lignin berbasis kayu untuk material karbon teknis menawarkan kesempatan-kesempatan yang menarik.

Investasi yang digelontorkan sebesar 10 juta EURO, konstruksi pilot akan dimulai akhir tahun 2019 dan diperkirakan selesai awal tahun 2021. Keputusan komersialisasi akan mengikuti hasil evaluasi produksi skala pilot tersebut.