Sebuah pabrik bisa saja mempunyai bahan bakar dari energi biogas dengan sumber dari landfil lokal. Sebuah pabrik di Amerika Utara mengimplementasikan hal tersebut, pabrik tersebut menggunakan sebagian besar sumber energinya dari energi biogas dari landfil lokal di sebuah kota yang bernama Saint-Jerome. Pabrik itu adalah pabrik kertas dengan bahan baku serat daur ulang, pabrik ini selain menggunakan energi terbarukan juga menggunakan sistem air lingkar tertutup dengan daur ulang air sebanyak 30 kali dan menggunakan air 6 kali lebih rendah dari rata-rata industri.

Pabrik ini menggunakan standar lingkungan yang sangat tinggi, standar lingkungan tinggi yang lainnya adalah serat daur ulang tidak menggunakan 'elemental chlorine' pada saat deinking, sehingga pabrik ini memperkirakan pengaruh ke perubahan iklim yang disumbangkan 62 persen lebih rendah daripada kertas dengan serat murni. Tantangan lingkar tertutup di masa depan adalah mendapatkan logistik pada tempatnya, dengan demikian pabrik dapat sedemikian berkelanjutan di masa depan.

Pada saat keberlanjutan menjadi bagian dari tujuan pabrik, para pegawai merasa terkuatkan dengan membagikan ide-ide yang mempunyai keuntungan yang langgeng. Hal itu sebagaimana pada awal pabrik ini menginisiasi proyek biogas yang dilontarkan dari ide seorang pegawainya dan nampak masuk akal setelah melalui studi kelayakan.

Disusun oleh: Dian Novianto dari berbagai sumber