Karton kemasan bekas masih mempunyai kesempatan hidup untuk kemudian digunakan kembali sebagai produk yang baru. Suatu hari nanti, karton kemasan minuman yang anda gunakan bisa berubah menjadi bagian dari bumper mobil. Sebuah perusahaan di Eropa telah menggunakan ulang alminium dan plastik dalam kemasan karton. Perusahaan tersebut memisahkan alminium dan plastik dari kemasan karton bekas berdasarkan proses pirolisis.

Sampah alminium menjadi masalah yang cukup besar di Eropa bagian selatan karena hampir setengah dari limbah alminium tidak didaur ulang. Lebih dari 95 persen karton kemasan susu dan jus di Eropa bagian selatan mengandung almunium. Di Eropa bagian selatan dan Jerman karton kemasan jus mengandung lebih banyak almunium daripada di negara-negara Skandinavia.

Di BBPK sendiri penelitian mengenai pemanfaatan karton kemasan minuman aseptik dilakukan pada skala laboratorium. Karton kemasan minuman aseptik bekas dibentuk dari tiga komponen utama yaitu plastik polietilen 21%, serat 74% dan alminium foil 5%. Daur ulang karton kemasan minuman aseptik bekas menghasilkan perolehan serat rata-rata 50% dan kandungan serat 74%. Hasil pengujian sifat fisik lembaran pulp dan daur ulang menunjukkan bahwa kualitasnya lebih baik daripada OCC.