Pabrik kertas sebagaimana halnya pabrik pada umumnya, selalu menghasilkan limbah sebagai produk samping dari aktivitas industri sehari-hari. Pabrik kertas di Indonesia dikenal sebagai produsen kertas tingkat dunia, dengan peringkat sepuluh besar produsen kertas dunia, menghasilkan kertas yang sedemikian besar begitupula produk samping yang dihasilkan tidak kalah banyaknya dengan produknya. Meskipun demikian pemanfaatannya oleh kalangan industri masih sangan minim.

Para peneliti mengungkapkan dengan teknologi yang relatif sederhana limbah tersebut bisa dimanfaatkan untuk pupuk kompos dan berbagai bahan bangunan diantaranya: paving blok, atap rumah, atau pengganti batako. Para peneliti berupaya memanfaatkan limbah hasil produk samping industri kertas yang mana sarat akan pencemaran.

Penelitian yang dihasilkan oleh para peneliti baru sedikit yang diterapkan di industri tapi hal itu tidak menyebabkan peneliti untuk berhenti berinovasi. Karena industri pulp dan kertas sangat membantu perekonomian nasional dengan penyerapan tenaga kerja yang banyak. Peneliti menyebutkan penyerapan tenaga kerja oleh industri pulp dan kertas mencapai 1,49 juta orang.

Dari berbagai sumber