Serai Wangi, bagi para penggemar produk-produk kecantikan dan kesehatan, tentunya sudah paham sekali manfaat dan aroma serai wangi atau yang biasa disebut juga minyak atsiri. Saat ini ada sembilan jenis minyak atsiri yang paling menonjol di Indonesia, yaitu minyak cengkeh, minyak kenanga, minyak nilam, minyak akar wangi, minyak pala, minyak kayu putih, minyak jahe, minyak kayu manis, dan minyak serai wangi. Pangsa produksi minyak serai wangi Jawa Barat dan Jawa Tengah mencapai 95% dari total produksi Indonesia. Menurut data stastistik, beberapa daerah yang mengembangkan serai wangi adalah Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. Pada tahun 2018 produksi serai wangi nasional sekitar 3.055 ton dengan luas lahan 22.075 Ha.

Tingginya produksi tersebut tentunya juga menghasilkan ampas sisa produksi serai wangi, yang sebenarnya berpotensi untuk dimanfaatkan lagi, misalnya untuk biomassa atau sebagai pulp. Permintaan bahan baku pulp dan kertas di Indonesia sangat besar, dan saat ini masih banyak bergantung dengan impor. Kapasitas terpasang industri pulp saat ini mencapai 11,25 juta ton, sedangkan industri kertas mencapai 16,98 ton. Peluang yang sangat besar untuk menjadikan ampas serai wangi menjadi bahan baku pulp dan kertas.

Balai Besar Pulp dan Kertas bekerjasama dengan PT. Pemalang Agro Wangi serta Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kementerian Perindustrian mencoba untuk mengkaji potensi ampas serai wangi untuk dibuat pulp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ampas serai wangi dengan proses pembuatan pulp semimekanis menghasilkan rendemen sekitar 44 % terhadap bahan baku dengan kualitas sifat fisik pulp mendekati sifat fisik pulp kraft putih kayudaun. Pulp ampas serai wangi dengan panjang ukuran serat sedang, berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk kertas khusus atau produk pulp moulding.

Tertarik untuk mengembangkan potensi serai wangi? BBPK terbuka untuk diskusi dan melakukan kajian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Foto Produk









Gambar 1.jpeg Gambar 2.jpeg Gambar 3.jpeg Gambar 4.jpeg Gambar 5.jpeg