Virtual dan aplikasi familiar dengan komputer mulai melangkah ke dunia industri. Realitas virtual adalah alat yang memuaskan untuk mem-visualisasikan lingkungan industri yang kompleks dan permesinan di unit produksi. Realitas virtual adalah lingkungan 3D buatan yang dapat mengikutkan pengguna berinteraksi. Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang menggunakan lingkungan dunia nyata dan informasi digital dan gambar di atas waktu nyata tidak seperti Realitas Virtual VR yang membuat lingkungan buatan seluruhnya.

Sebagai contoh telah membuat solusi virtual untuk mem-visualisasikan proses pengukuran di pabrik pulp dan kertas. Dengan bantuan peralatan yang mudah dibawa dan dapat dikenakan, teknisi dapat dengan mudah membuat Instruksi dan pengukuran proses untuk komponen mekanik, katup dan peralatan lainnya. Hal ini membuat seluruh operasi lebih aman dan termenej.

Teknisi juga dapat men-shoot video 360 derajat ketika menangani tugas untuk yang pertama kalinya bersama dengan pekerja senior. Ketika melakukan pekerjaan dalam keadaan kesendirian, mereka dapat mem-verifikasi tahapan pekerjaan melalui peralatan AR. Ini adalah satu cara untuk meyakinkan hasil yang baik dalam menangani pekerjaan dengan keamanan yang terjaga.

Sumber: Valmet