Karboksimetilselulosa adalah turunan selulosa bermanfaat untuk banyak keperluan. Selulosa sendiri adalah komponen utama kayu sebagai bahan baku pembuatan pulp tidak asing untuk pembuatan kertas.

Banyak industri berbahan dasar selulosa menghasilkan produk rejek masih bermanfaat dan penelitian memperlihatkan potensinya menjadi bahan yang lebih bermanfaat. Diantara industri-industri ada menghasilkan produk rejek berpotensi sebagai bahan baku karboksimetilselulosa.

Menurut penelitian industri tekstil yang menggunakan kapas 100% menghasilkan limbah kapas dari yang kotor sampai yang bersih. Limbah kapas ini umumnya dijual dengan harga yang relatif murah, yang digunakan untuk pembuatan produk lainnya. Sedangkan pada industri pembalut wanita, limbah selulosa berupa serbuk pulp yang bersih dengan jumlahnya cukup banyak itu dibakar, belum dimanfaatkan.

Limbah selulosa dari industri tekstil dan pembalut wanita ini menjadi bahan baku pembuatan karboksimetilselulosa, penelitian skala laboratorium menggunakan bahan kimia dengan beberapa tahapan menghasilkan karboksimetilselulosa berkisar antara 2,4 -3 kali berat selulosa yang digunakan.

Karboksimetilselulosa hasil dari produk rejek kedua industri tersebut bermanfaat untuk industri pengeboran sumur minyak dan industri tekstil dalam proses pendarihan maupun industri kertas.

Peneliti