Boiler berbahan bakar fosil telah lama digunakan oleh berbagai industri karena manfaatnya dalam membangkitkan tenaga untuk operasi pabrik dan listrik yang menyuplai berbagi keperluan industri. Tapi tahukah Anda jika boiler berbahan bakar fosil mulai dihindari karena polusi yang ditimbulkannya dan konsumsi energi dari bahan bahan fosil yang mulai dianggap langka.

Sebuah perusahaan bernama Braunschweig di Jerman memutuskan untuk mengganti boiler berbahan bakar batu bara menjadi berbahan bakar biomassa dan akan menggantinya dari aktivitas produksi pada 2020. Unit CHP (Combined Heat and Power) berbahan bakar biomassa itu akan menunjang tujuan pabrik dalam melaksanakan pabrik ramah lingkungan dan produksi tanpa karbon.

Unit CHP berbahan bakar biomassa itu akan menghasilkan listrik 20 Megawatt dan 60 Megawatt kalor untuk keperluan produksi. Selain itu boiler ini juga akan menghasilkan 27 kg/s kukus dengan tekanan 75 bar dan temperatur 525oC. Biaya yang dibutuhkan dalam merealisasikan proyeknya sekitar 50 juta EURO.

Sumber bio-fibre magazine