Industri hasil hutan adalah salah satu bidang bisnis yang penting bagi Swedia karena membuka lapangan pekerjaan. Industri ini juga memainkan peran kunci dalam mengembangkan masyarakat berbasis bio dan berkelanjutan. Swedia adalah eksportir pulp, kertas dan kayu papan ketiga terbesar dunia.

Industri hasil hutannya menyumbang 9-12 % lapangan pekerjaan, ekspor dan penjualan dari sektor industri negara itu dan mempekerjakan 70.000 orang secara langsung. Pada tahun 2018, ekspor industri hasil hutan bernilai 145 miliar krona. Ini termasuk 80% produk industri hasil hutan. Pada tahun 2016, industri hasil hutan Swedia menghasilkan 11,9 juta ton pulp, 10,1 juta ton kertas dan 18,3 juta meter kubik kayu papan.

Sekitar 70 % daerah di Swedia berupa hutan dan 80 % diantaranya aktif digunakan. Satu persen dari sumber daya hutan dipanen setiap tahun. Sumber daya hutan Swedia meningkat dua kali lipat dalam waktu 90 tahun terakhir. Swedia menginvestasikan 2 miliar krona setiap tahun untuk penelitian hutan yang dilakukan di Universitas, Institusi pendidikan tinggi dan berbagai institusi lainnya.

Perusahaan industri hasil hutan menginvestasikan 2,3 miliar krona untuk penelitian internal mereka setiap tahunnya. Volume kayu Swedia masih tumbuh menyediakan dasar untuk inovasi berbasis penelitian yang akan membentuk bioekonomi di masa yang akan datang. Anggota Federasi Industri Hasil Hutan Swedia terdiri dari 50 pabrik pulp dan kertas, 120 pabrik penggergajian kayu dan 40 perusahaan lainnya.

Sumber: Publikasi luar negeri