Sebagaimana yang diprediksikan permintaan kertas karton/kardus akan mengalami peningkatan dengan nilai pasar di tingkat dunia mencapai miliaran dolar. Tentulah hal ini bukan saja menjadi suatu keadaan yang menggiurkan tetapi juga akan mengundang banyak pihak untuk ikut berpartisipasi dalam kancah produksi kertas karton/ kardus ini.

Bahkan salah satu industri kertas nasional Asia Pulp and Paper (APP) memiliki rencana untuk mengkonversi sebagian produksi kertasnya menjadi kertas karton. Direktur Asia Pulp and Paper Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan bahwa kertas karton memang ada peningkatan global dan di Indonesia juga ada. Di samping itu permintaan kertas putih juga cenderung menurun karena masyarakat mulai mengurangi konsumsi kertas (paperless). Konsumsi kertas karton justru meningkat karena berbagai kegiatan industri ikut naik. Kegiatan industri ini memerlukan kertas karton untuk pengemasannya.

Di bidang penelitian, Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang untuk memanfaatkan limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit untuk bisa dijadikan bahan baku untuk industri kertas dan karton. Tim PIC & Taizen dari Jepang telah mendatangkan teknologi Taizen dari Jepang ke Indonesia untuk dioperasikan di lingkungan BBPK Bandung.

Sumber: kontan.co.id, bisnis.com, valmet.com, dan lain-lain