asia.nikkei.com-TOKYO, Harga ekspor pulp kayu ke Jepang saat ini meningkat, terkena dampak oleh turunnya laju produksi di Brazil dan Indonesia, dan diikuti oleh naiknya kebutuhan produk kertas di China.

Harga pengapalan pada bulan Oktober sebesar 20%-30% lebih tinggi daripada harga pada awal tahun. Dengan kecenderungan yang sepertinya akan sama, produsen kertas kecil dan menengah akan terkena dampaknya.

Produsen kertas di Brazil menghentikan produksinya karena suatu gangguan. Usaha untuk perbaikan telah dilakukan sejak bulan Agustus tetapi tampaknya akan tetap berlanjut sampai bulan Desember.

Di Indonesia, laju operasi pabrik Asia Pulp and Paper menurun. APP menaikkan kapasitas produksi pulp pertahun sampai 2,8 juta ton pada akhir tahun lalu, dengan tujuan menjual 2 juta ton pulp di dalam dan luar negeri.

Tetapi rencana perusahaan tersebut akan menghadapi masalah. Pemerintah Indonesia memberikan aturan lingkungan yang lebih ketat sehingga menyulitkan dalam mengamankan bahan baku kayu yang diperlukan. Akibatnya, mesin perusahaan itu harus beroperasi dengan laju lebih rendah dari yang direncanakan.

Harga ekspor LBKP pada pengapalan bulan Oktober ke Jepang sekitar 770 dollar per ton, termasuk pengangkut, naik 30 dollar atau 4%, pada kali kedua kenaikkan setiap bulannya. Kenaikkan harga LBKP telah membuat permintaan alternatif.

Harga pengapalan NBKP bulan Oktober yang digunakan untuk membuat kertas yang lebih kuat seperti kertas koran dan kertas rumah tangga, bertahan pada 860 dollar sampai 880 dollar dan saat ini naik 24% dari awal tahun ini. Lebih lanjut, gambaran tersebut melompat dari 100 dollar ke 120 dollar, atau 13% ke 16%, pada bulan sebelumnya.

Selain masalah sisi suplai, tingginya permintaan di pasar China yang besar sangat berpengaruh.

Produsen kertas China mengubah pendiriannya dan dengan segera mulai membeli pulp. Hingga saat ini, mereka tetap melakukan pembelian dengan harapan harga turun karena naiknya kapasitas.

Karena produksi tisu dan kertas rumah tangga lainnya meningkat di negeri itu, produsen harus membeli bahan baku dalam jumlah besar --berkontribusi terhadap harga lebih tinggi.

Perwakilan kamar dagang mengatakan naiknya harga bisa saja disebabkan oleh pembelian spekulatif di China.

Harga ekspor ke Jepang sepertinya akan tetap tinggi karena permintaan yang tinggi. Harga LBKP diharapkan naik ke kisaran 800 dollar per