Perubahan, itulah yang tengah terjadi saat ini, tiga bulan yang lalu tidak pernah terpikir wabah yang demikian jauh di Tiongkok bisa masuk ke negara ini. Pernah beberapa tahun yang lalu, SARS berjangkit di negara tetangga, tetapi keadaan sangat berbeda wabah yang satu ini benar-benar masuk dan mewabah di sini.

Perlu diperhatikan kiranya apakah wabah ini menyebar melalui benda mati seperti kertas, sebagai salah satu penghasil kertas dan pengguna kertas tentunya kita seringkali berinteraksi dengannya, apakah itu ketika jual beli, administrasi dan untuk keperluan lainnya. Penelitian dan petunjuk dari organisasi kesehatan dunia, termasuk WHO, menyatakan bahwa resiko berkaitan dengan transmisi Covid-19 dari permukaan, contohnya kertas atau kartu, relatif rendah.

Sebuah studi yang mempelajari kestabilan virus corona pada beberapa permukaan menyatakan bahwa virus bertahan paling lama pada permukaan plastik, dan paling singkat pada permukaan kertas karton. Waktu akan semakin singkat jika permukaan tersebut terekspose ke udara, semakin banyak terekspos ke udara semakin berkurang pula potensinya. Selain itu studi tersebut juga menyatakan bahwa proses pencetakan mengurangi potensi virus. Surat kabar disebutkan cukup steril karena pencetakannya dan proses yang telah dilaluinya.